NEWS
DETAILS
Rabu, 09 Feb 2011 00:00 - Jogja MegaPro Club

Di wilayah Kotamadya Yogyakarta, terdapat upacara adat yang disebut sebagai Sekaten atau yang lebih dikenal dengan istilah Pasar Malam Perayaan Sekaten. Karena sebelum upacara Sekaten diadakan kegiatan pasar malam terlebih dahulu selama satu bulan penuh. Tradisi yang ada sejak zaman Kerajaan Demak (abad ke-16) ini diadakan setahun sekali pada bulan Maulud, bulan ke tiga dalam tahun Jawa, dengan mengambil lokasi di pelataran atau Alun-alun Utara Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Asal usul istilah Sekaten berkembang dalam beberapa versi. Ada yang berpendapat bahwa Sekaten berasal dari kata Sekati, yaitu nama dari dua perangkat pusaka Kraton berupa gamelan yang disebut Kanjeng Kyai Sekati yang ditabuh dalam rangkaian acara peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW.

Pendapat lain mengatakan bahwa Sekaten berasal dari katasuka dan ati (suka hati, senang hati) karena orang-orang menyambut hari Maulud tersebut dengan perasaan syukur dan bahagia dalam perayaan pasar malam di Alun-alun Utara.

Lepas dari itu semua, lantas apa hubungannya dengan JMPC (Jogja Mega Pro Club) ???  

"Tentu ada bro,  wong tempat kopdar kita jadi parkiran motor", ujar bro Wahyu (Ketua Umum JMPC). Setiap Rabu malam JMPC mengadakan Kopdar Rabu Gaul di depan  Kantor Pos Besar Yogyakarta. Yaitu di titik nol kilometer yang sudah hampir sebulan ini kami terpaksa memindah tempat kopdar kami dikarenakan adanya sekaten. 

Bagi sebagian anggota JMPC ini memang tak menjadikan masalah. Namun terkadang suntuk dan bosan dengan suasana kopdar yang sama. Ada pula yang rindu suasana malam hari di Nol Kilometer yang tak pernah sepi dari hilir mudik lalulintas sepeda, motor, becak, delman, bahkan wanita sekalipun. hehehe....

Biker juga manusia booorrr..... 

Itulah tujuan kami kenapa memilih tempat Kopdar di dua tempat yang berbeda. Sampai saat ini tempat kopdar itu masih menjadi tempat parkir motor. Setelah Maulid Nabi barulah kita bisa kembali kopdar disana. So, tetap semangat teman-teman !!!

Semoga artikel ini menghibur  . . .laugh

 

Penulis : Tito_ Editor : Tito_ Foto : Tito_ 

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK